Mahasiswa Ponorogo Mempererat Ukhuwah Islamiah dengan Gelar CIF 2018


SatuPost.Com | UKMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) Ulil Albab, satu dari sepuluh UKM yang ada di kampus STKIP PGRI Ponorogo, saat ini sedang punya gawe.

Pada Minggu, 22 April 2018 kampus literasi STKIP PGRI Ponorogo nampak berbeda dari biasanya. Lantunan musik Islami menambah syahdu suasana pagi itu. Sorot mentari pagi seakan menjadi energi penyemangat bagi para panitia CIF (Campus Islamic Fair) 2018.

“Meningkatkan Kreatifitas dan Ukhuwah Pemuda Islam Melalui Pendidikan dan Budaya” merupakan tema yang diambil dalam agenda CIF tahun ini. Empat cabang lomba yang diselenggarakan itu diantaranya, Dai dan Dai’ah, Sesorah Bahasa Jawa, Qiroah dan Kaligrafi.

Sesorah Bahasa Jawa, merupakan cabang lomba perdana, yang baru diselenggarakan tahun ini. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa SMA-sederajat seeks-karesidenan Madiun. Menjalin uhkuwah serta mengasah bakat, serta kreatifitas para generasi muda, merupakan tujuan dari kegiatan ini.

“Acara CIF tahun ini diikuti sekitar 50% sekolah setingkat SMA se Eks-Karesidenan Madiun, selain  melalui pengiriman surat ke sekolah-sekolah, kami juga melakukan publikasi melalui media sosial”, ungkap Lupi sie Humas disela kesibukannya pagi itu.

Tepat pukul 08.00 WIB, kegiatan pembukaan yang bertempat di Graha Saraswati dimulai. “Mewakili lembaga saya ucapkan selamat berkompetisi dalam acara ini, ,kemenangan bukanlah tujuannya, akan tetapi mempererat tali ukhuwah Islamiah itulah dasar yang utama,”ungkap Kasnadi selaku ketua STKIP PGRI Ponorogo disela samputannya. Tidak tampak ketegangan terbesit diantara raut wajah puluhan peserta.

Pukul 09.10 WIB seluruh peserta memasuki ruang masing-masing. “Alhamdulillah, tidak kami sangka kalau kegiatan CIF tahun ini dapat semarak dan mendapatkan respon positif yang sangat luar biasa dari para peserta,” ungkap Nuryanti selaku ketua panitia CIF 2018 yang ditemui pagi itu. “Totalitas serta bakat para peserta sangat luat biasa dalam perlombaan ini,” tutur Azizah selaku juri kaligrafi.

Satu persatu rangkaian acara telah terlaksana tibalah pada pengumuman juara. Lantunan tembang Dandang Gulo dari Efendi, mahasiswa dari prodi PBJ (Pendidikan Bahasa Jawa) seketika mengendorkan aroma ketegangan para peserta di Graha Saraswati sore itu.

Selain itu ada beberapa peserta yang juga ikut serta memberikan hiburan, dengan melantunkan beberapa lagu. Untuk tahun ini piala juara umum diraih oleh MA Wali Songo Kebonsari Madiun dengan total perolehan skor 871,5.  Penyerahan tropi juara umum ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan penutup dalam kegiatan CIF 2018 UKMI Ulil Albab STKIP PGRI Ponorogo.

Jurnalis : Renita Ayu Kumalasari


Tidak ada komentar


Pembaca SATU POST dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.