Sambut Ramadhan Bakamla RI Gelar Tausiah


SatuPost.Com | Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H/2018 M Bakamla RI menggelar acara Tausiah di Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No.56, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (02/05/2018). Kegiatan bertemakan “Keutamaan Ibadah Malam Sya’ban dan Kewajiban Puasa Ramadhan Bagi Setiap Muslim”, diisi oleh Ustadz Peltu Marininir (Purn) Riyono Suhadi, S.Pd, dari mantan Bintara Rohani Denma Mako Kormar, Jakarta Pusat.

Diawal ceramahnya Ustadz Riyono mengajak segenap pegawai Bakamla RI untuk membaca Istighfar bersama sebagai bentuk thalabul maghfirah atau pengakuan dari dosa-dosa dan meyakini akan adanya ampunan Allah Subhanahu Wa Taala. Dalam Ceramahnya Ustadz Riyono menyampaikan bahwa malam nisfu sya’ban merupakan salah satu malam yang diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia ini, tepatnya malam tanggal 15 bulan sya’ban.

Dijelaskan juga bahwa pada tanggal 13 sya’ban Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan sepertiga syafa’at kepada hambanya. Kemudian pada tanggal 14 sya’ban Allah SWT akan memeberikan syafa’at secara penuh kepada Hamba-hambaNya yang melakukan ibadah di malam sya’ban seperti membaca Surah Yasin secara berjama’ah dan amalan-amalan sholeh lainnya.

Menunaikan ibadah puasa ramadhan menurut Ustadz Riyono wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan yang sudah berusia baligh serta dalam keadaan sehat. Bagi umat muslim bulan ramadhan sangat istimewa karena pada bulan tersebut merupakan bulan diturunkannya Al Qur’an, catatan amalan sholeh yang berlipat ganda, bulan penuh berkah, bulan pengampunan dosa dan  dikabulkannya do’a-do’a serta  terdapat malam Lailatul Qadar.

Acara tausiah dan ceramah agama diikuti segenap pegawai Bakamla RI yang beragama muslim dan dihadiri Kepala Biro Umum Bakamla RI Brigjen TNI (Mar) Sandy M. Latief, Kasubbag Penyusun Rencana dan Program Mayor Laut (S) Didin Wahidin, Kasubbag TU Deputi Inhuker sekaligus rohaniawan muslim Bakamla RI Wakhid Ma’mun, serta jajaran sataf Bakamla lainnya.

(Hadi / Bakamla)

Tidak ada komentar


Pembaca SATU POST dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.