Inilah Fakta Mencengangkan Sosok Habib Rizieq


SatuPost.Com | Saat ini Habib Rizieq diakui sebagai sosok ulama paling berpengaruh di Indonesia. Sejumlah kalangan meyakini sosok Imam Besar FPI itu telah berubah menjadi figur ulama paling berpengaruh di Indonesia.

Selain memiliki banyak pengikut dan pengaruh yang kuat, Habib Rizieq ternyata juga menyimpan sejumlah fakta mencengangkan. Penasaran?

1. Lulus dengan PredikatCum Laude - Lulus dengan predikat cum laude di dalam negeri mungkin dianggap biasa oleh banyak orang. Bedanya, Habib Rizieq mendapatkan predikat membanggakan tersebut dari salah satu universitas Islam terbaik di dunia, King Saud University.

Pria kelahiran 24 Agustus 1965 tersebut tercatat mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi di Arab Saudi dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Rizieq memutuskan mengambil jurusan Studi Agama Islam Fiqih dan Ushul Fiqh dan lulus tahun tahun 1990.

2. Pernah Belajar di Sekolah Kristen - Pada umumnya tokoh-tokoh Islam menempuh pendidikannya di pesantren atau sekolah Islam. Namun hal ini tidak terjadi pada Rizieq.

Meski tumbuh di keluarga Islam yang taat, pria dengan nama lengkap Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab justru pernah bersekolah di SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta.

 3. Menjadi Guru SMA di Arab Saudi - Semangat Habib Rizieq dalam berdakwah pun pernah terbukti di tanah Arab. Sekitar tahun 1992 sebelum pulang ke Indonesia, Habib Rizieq sempat bekerja sebagai guru SMA selama setahun di Arab Saudi. Pekerjaan itu ia dapatkan setelah lulus dari King Saud University.

4. Gelar Mufti Agung - Meski di Indonesia sendiri kerap dicap sebagai ulama kontroversial karena sikap kerasnya dalam membela Islam, Imam Besar FPI ini justru mendapat gelar Mufti Agung dari Kesultanan Sulu Darul Islam tahun 2009.

Gelar lengkapnya adalah Datu Paduka Maulana Syar'i Sulu disingkat DPMSS. Rizieq sendiri sangat populer di kalangan umat Islam Sulu.

5. 17 Agustus 1998 - Sebagai bukti tanda cintanya pada negara Indonesia, Habib Rizieq memilih mendirikan Front Pembela Islam (FPI) pada hari ulang tahun kemerdekaan RI, 17 Agustus 1998.

Setelah hampir 20 tahun berdiri, FPI berkembang menjadi salah satu ormas Islam paling berpengaruh di Indonesia. (JituNews)


Tidak ada komentar


Pembaca SATU POST dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.